Selasa, 22 Juli 2014

Construct 2 | Platform Double Jump

Disini saya akan menjelaskan tentang double jump.
Mungkin kalian pernah main game yang ada double jumpnya, seperti apa ya saya lupa game yang ada double jumpnya itu apa, pokoknya itu fitur dari game platform deh.Coba bayangin, kalo mainnya cuman lompat-lompat doang, apa seru nya coba, dan ga menantang, kalo ada double jumpnya kan, jadi ga lompat-lompat doang, jadi lompat, lompat-lompat, gitu kan ga bosen.

Caranya itu gampang banget dan gak susah.
Double jump itu intinya, jadi si player lompat, abis itu mencet apa, abis itu nambah deh


Langsung saja penjelasannya

Pertama, kalian buat Spritesnya dlu, di setting jadi platform dlu.Kalo gak tau caranya, Liat disini Basic Platform Game.Setelah itu, Kita buat Eventnya..






Event Sheetnya seperti disamping.
Berikut Penjelasannya.
Pertama kalian buat Global Variable, buat apa sih global variablenya, buat nampung jump nya si player, kalau seandainya ga ada global variablenya, player bisa jump sesukanya, nanti namanya bukan double jump dong, tapi infinite jump.

Kedua, di bagian " Key Up Arrow pressed, player is not on the floor, sama jump <1", itu artinya, kalau Arrow atas di pencet, dan player gak ada di tanah, serta variable jump kurang dari 1 , akan terjadi double jump, yaitu, " Set Platform vector Y to - 700 [ kalian bisa ubah mau berapa angkanya, ini menentukan berapa tinggi double jumpnya ]", nah kenapa ada Set jump to 1 ? biar gak infinite jump.Kalo 0 teruskan bisa infinite jump hehe.

Ketiga, di akhir, ada "if player is on the floor, set jump to 0 " Ini itu fungsinya agar, saat player di tanah, variable jump selalu 0, kalau seandainya gak ada command ini, player cuman bisa double jump 1x, gak berkali-kali.

Selamat Mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar